Kamis, 04 September 2014

Ch1. Logika



Mata Kuliah : Matematika Diskrit
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama ST. MT.
Daniel H.W – 1413003 – ITHB
Sumber : Munir, Rinaldi . Matematika Diskrit . 2012 . Bandung : Informatika.


Bab 1. Logika
Soal Latihan
(Source : Munir,Rinaldi. 2012. Matematika Diskrit, Bandung : Informatika)
1. Tentukan pernyataan manakah di bawah ini yang merupakan proposisi? Tentukan nilai kebenaran dari pemyataan yang merupakan proposisi.
(a) 3 + 15 = 17
Ans : Termasuk preporsisi, Bernilai salah, seharusnya 3 + 15 = 18)
(b) Untuk beberapa bilangan bulat n, 600 = n . 15
Ans : Bukan termasuk preporsisi
(c) x +y =y + x untuk setiap pasangan bilangan riil x dan y
Ans : Preporsisi, Bernilai benar
(d) Setiap bilangan bulat genap lebih dari empat merupakan penjumlahan dua bilangan prima
Ans : Preporsisi, Bernilai benar
(e) Tidak ada orang utan hidup di kota
Ans : Preporsisi, tidak dapat dibuktikan kebenarannya
(f) Ambil 5 buah buku di atas meja
Ans : Preporsisi, tidak dapat dibuktikan kebenarannya
(g) 4 + x = 5
Ans : Bukan termasuk preporsisi

2. Misalkan p adalah “Iwan bisa berbahasa Inggris”, q adalah “Iwan bisa berbahasa Jerman” dan r adalah “Iwan bisa berbahasa Perancis”. Terjemahkan kalimat majemuk berikut ke dalam notasi simbolik:
(a) Iwan bisa berbahasa Inggris atau Jerman
Ans : ( p v q)
(b) Iwan bisa berbahasa Jerman tetapi tidak bahasa Perancis
Ans : (p ^ ~ r)
(c) Iwan bisa berbahasa Inggris atau bahasa Jerman, atau dia tidak bisa berbahasa Perancis atau bahasa Jerman
Ans : ((p V q) V (~ r v ~ a))
(d) Tidak benar bahwa Iwan bisa berbahasa Inggris atau bahasa Perancis
Ans : ( ~ ( p v r ) )
(e) Tidak benar bahwa Iwan bisa berbahasa Inggris atau bahasa Perancis tetapi tidak bahasa Jerman
Ans : ( ~ ( p v r ^ ~ q) )
(f) Tidak benar bahwa Iwan tidak bisa berbahasa Inggris, Perancis, maupun Jerman
Ans : ( ~ ( ~ p ^ ~ r ^ ~ q ) )

3. Untuk menerangkan karakteristik mata kuliah X, misalkan p : “Kuliahnya menarik”, dan q “Dosennya enak”, r : “Soal-soal ujiannya mudah”. Terjemahkan proposisi-proposisi berikut dalam notasi simbolik (menggunakan p, q, r):
(d) Kuliahnya tidak menarik, dosennya tidak enak, dan soal-soal ujiannya tidak mudah.
Ans : ( ~ p ^ ~ q ^ ~ r)
(e) Kuliahnya menarik atau soal-soal ujiannya tidak mudah, namun tidak keduanya.
Ans : ( p v ~ r ^ ( ~ p ^ ~ r ) )
(f) Salah bahwa kuliahnya menarik berarti dosennya enak dan soal-soal ujiannya mudah.
Ans : ( ~ ( p – > q ^ r ) )
4. Diberikan pemyataan “Tidak benar bahwa penjualan merosot maupun pendapatan tidak naik”
(a) Nyatakan pemyataan di atas dalam notasi simbolik.
Ans : ( ~ ( ~ p ^ ~ r ) )
(b) Berikan pernyataan yang ekivalen secara logika dengan pernyataan tersebut (petunjuk: gunakan Hukum de Morgan).
Ans : ( ~ ( ~ p ^ ~ q ) < = > p v q ) )

5. Untuk menerangkan mutu sebuah perangkat lunak yang beredar di pasaran, kita misalkan p adalah pernyataan “Tampilan antarmukanya (interface) menarik”, q pernyataan “Cara pengoperasiannya mudah”, dan r pernyataan “Perangkat lunaknya bagus sekali”. Tuliskan pernyataan berikut dalam bentuk simbolik:
(a) Tidak benar bahwa tampilan antarmukanya menarik maupun cara pengoperasiannya sulit.
Ans : ( ~ ( p ^ ~ q ) )
(b) Tampilan antarmukanya menarik atau cara pengoperasiannya mudah, namun tidak keduanya.
Ans : ( p v q ^ ( ~ p ^ ~ q ) )
(c) Perangkat lunak yang bagus sekali selalu berarti bahwa tampilan antarmukanya menarik dan cara pengoperasiannya mudah, begitu sebaliknya.
Ans : ( r → p ^ q )


1 komentar: